Tuesday, June 20, 2017

Ban Mahal Belum Tentu Awet

Kebanyakan dari kita pasti sudah terdoktrin dengan pemikiran bahwa kualitas suatu barang mempengaruhi harga pasaran. Dengan pemikiran demikian tentunya kita berpikiran bahwa sesuatu yang mahal pasti berkualitas dan awet. Seperti halnya dengan memilih Ban yang awet untuk mobil kita. Jangan langsung membeli ban tersebut karena harganya mahal, namun anda harus memperhatikan beberapa faktor. Tidak semuanya harga ban yang mahal akan awet pada pemakaiannya.



Pemilihan untuk membeli ban bukan dipatok dari tingkat harga yang mahal, namun lebih ke desain ban. Lalu bagaimana kita dapat mengetahui ban yang awet dilihat berdasarkan desainnya ?

Ban tentunya jika dipakai akan selalu mengalami gesekan ke permukaan jalan. Gesekan yang terus ditimbulkan dari jalan terutama pada jalan yang tidak rata akan menimbulkan keausan pada ban dan membuat ban tidak rata lagi. Keausan itupun akan membuat ban berumur pendek. Ban yang awet dapat dilihat dari desain alur tengah ban. Jika alur tengah ban jumlahnya tidak begitu banyak maka akan membuat ban lebih awet jika digunakan dalam pemakaian normal.



Meskipun begitu, kita sebagai konsumen patut mempertimbangkan bahan dasar dari ban itu sendiri. Artinya bahan dasar dari ban yang bagus akan menentukan kualitas ban. Di Indonesia sendiri terdapat 3 merk ban mobil yang terkenal berkualitas dan paling diminati, yaitu : (1) Ban Mobil Bridgestone, (2) Ban Mobil GT Radial, (3) Ban Mobil Yokohama.


Pertimbangan diatas hanya berlaku untuk ban dengan bahan baku yang sama, tidak berlaku untuk perbandingan yang berbeda merek terlebih pada bahan baku yang berbeda.

0 comments:

Post a Comment