Thursday, May 18, 2017

Keunggulan dan Cara Kerja Teknologi Rem ABS

Seiring dengan berjalananya waktu, teknologi dalam dunia otomotif mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam hal kecanggihan. Tidak heran jika kendaraan yang ada pada modern masa kini selalu menampilkan berbagai fitur canggih yang dapapt membuat para pengguna termanjakan oleh teknologi yang ada. Salah teknologi yang berkembaang pesat adalah teknologi pada fitur keamanan dan keselamatan yaitu fitur rem.

Hingga sampai saat ini, teknologi dalam hal keamanan seperti rem terus mengalami perkembangan demi memudahkan para pengemudi dalam penggunaanya. Tidak hanya itu, pengembangan teknologi dalam keamanan rem yang terbaru juga semakin berorientasi untuk pengemudi tetap konsentrasi penuh diperjalanan agar terhindar dari kecelakaan dan menurunkan kemungkinan terjadinya hal terburuk saat berkendara.
Teknologi rem terbaru yang akan dibahas pada artikel ini adalah Sistem Rem Anti Terkunci atau lebih dikenal dengan nama Anti-lock Braking System (ABS). Sistem pengereman ini mengadopsi dari teknologi yang telah lama digunakan pada teknologi pesawat terbang. Lalu bagaimana cara kerja sistem rem ini ?
Untuk setiap kendaraan yang sudah menggunakan sistem pengereman ABS ini, pada setiap rodanya akan menggunakan sensor dan pulser untuk dikontrol dalam computer ABS (control module). Selain itu, setiap perangkat rem pada setiap roda juga akan dikontrol menggunakan computer ABS. dan pada saat pengereman, ban akan terdeteksi tidak berputar atau selip, untuk itu komputer akan membuat perangkat pada ban tersebut dapat membuka sehingga ban bisa kembali berputar untuk mendapatkan grip dan proses rem pun dapat dilanjutkan.


Sistem rem ABS memiliki keunggulan tersendiri yaiitu dapat membantu kendaraan anda untuk terhindar kecelakaan saat pengereman mendadak sebab roda tidak akan terkunci. Jadi, jika anda memiliki rencana untuk membeli mobil atau kendaraan roda dua yang baru, ada baiknya jika anda memilih mobil kendaraan roda dua yang sudah memakai fitur Rem ABS.

0 comments:

Post a Comment