Monday, May 15, 2017

2 Sumber Gangguan Yang Selalu Membuat Pengemudi Tidak Fokus

Pengemudi atau yang sering disebut dengan driver merupakan pengguna jalan yang tidak hanya dituntut untuk bisa memiliki skill untuk mengemudi dan mengendalikan kendaraan, namun juga mereka para pengemudi juga harus dituntut untuk tetap fokus dan konsentrasi terhadap jalan sekitar serta dapat saling menghormati setiap pengguna jalan lain. Jika para pengemudi tidak bisa memiliki hal yang telah disebutkan tersebut, maka bukan hanya kemungkinan lagi suatu kejadian yang disebut kecelakaan dapat terjadi. Tentunya hal tersebut sangat tidak diinginkan oleh setiap pihak karena kecelakaan tidak hanya akan membuat diri sendiri yang rugi, namun orang lain juga akan mengalami kerugian.



Dalam artikel ini akan memaparkan tentang gangguan yang seling dialami pengemudi dan juga solusi untuk mengatasinya.

Jika diklasifikasikan, gangguan memiliki 2 jenis yaitu gangguan dari luar dan dari dalam. Gangguan dari dalam adalah gangguan yang sering dialami oleh para pengemudi yang disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya seperti ketika pengemudi sedang dalam keadaan telat untuk bekerja, terdapat perkerjaan yang belum terselesaikan, sedang terbelit masalah , pengemudi mengantuk dan lain-lain. Pada umumnya para pengemudi yang mengalami gangguan ini akan lebih egois dan mudah tersulut emosinya dan tidak memperdulikan keadaan sekitar.

Sedangkan gangguan dari luar adalah gangguan yang berasal dari luar diri pengemudi. Gangguan dari luar masih dibedakan menjadi 2 yaitu gangguan statis dan dinamis.
Gangguan statis adalah gangguan yang disebabkan oleh objek yang tidak bergerak namun dapat mengganggu pengemudi. Contoh gangguan statis adalah adanya papan reklame atau papan iklan yang terdapat disepanjang jalan. Sedangkan gangguan dinamis adalah gangguan yang disebabkan oleh objek yang bergerak. Contoh dari gangguan ini adalah ketika pengemudi melihan orang yang menyebrang sembarangan, pengemudi terfokuskan pada para penjual makanan, keadaan yang sedang dalam keadaan kurang baik dan lain-lain.

Umunya gangguan dari luar ini akan mengakibatkan para pengemudi hilang fokus dan konsentrasinya terhadap jalan bahkan beberapa dari mereka mengalami kaget saat berkendara yang dapat menimbulkan suatu kecelakaan yang tidak diharapkan.
Hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara agar terhindar dari gangguan dalam dan luar sebenarnya sangat sederhana saja. Langkah pertama yang harus kita lakukan agar terhindar dari gangguan adalah persiapkan segala hal seperti kendaraan yang dalam keadaan baik-baik saja, mental yang kuat, dan tubuh serta pikiran yang harus dalam keadaan sehat.

Langkah kedua adalah berdoa, karena disetiap aktivitas yang kita lakukan, pasti kita menginginkan semua berjalan dengan lancar. Oleh karena itu kita harus selalu berdoa agar kita tetap dalam perlindungan yang maha kuasa serta diberikan segala kelancaran dalam setiap urusan kita. Langkah yang terakhir adalah buat diri anda senyaman dan serileks mungkin ketika berkendara. Ketika kita dalam keadaan rileks, maka konsentrasi dan fokus kita akan menjadi semakin kuat dan kita menjadi tetap tenang ketika sedang mengalami setiap gangguan. Dan usahakan ketika kita dalam kendaraan berkendara lupakanlah segala urusan yang membuat perjalanan anda terganggu.
Itulah beberapa penjelasan tentang gangguan dan solusi mengatasinya.


0 comments:

Post a Comment