Saturday, May 20, 2017

Penyebab Cover Lampu Utama Mobil Buram

Sebagai alat bantu penerangan ketika kondisi jalan mulai gelap, lampu utama mobil harus sangat diperhatikan. Karena ketika kita kurang memperhatikan akan berdampak dengan bagaimana kita berkendara yang memiliki kemungkinan terjadinya suatu kecelakaan.



Salahsatu hal yang tidak boleh diabaikan bagi para pengendara adalah kualitas sinar yang dipancarkan dari lampu utama mobil. Gangguan lampu utama seperti menurunnya daya sinar yang disebabkan oleh buramnya cover lampu utama. Ketika cover lampu utama menjadi buram, maka cahaya yang dihasilkan oleh lampu akan kurang dan mengakibatkan pengendara memiliki penurunan dalam hal penglihatan ketika keadaan jalan menjadi gelap.

Artikel ini akan menjelaskan tentang 5 penyebab utama mengapa cover lampu utama mobil menjadi buram.

1.    Penggunaan melebihi 5 tahun
Pada umumnya setiap benda memiliki umurnya masing-masing, termasuk lampu utama mobil. Pada umumnya lampu utama mobil memiliki usia sekitar 5 tahun, dan ketika usia lampu utama telah melebihi maka harus dilakukan pergantian lampu utama. Bila lampu utama dibiarkan terpasang melebihi masa tersebut, maka kualitas cahaya lampu akan mengalami penurunan dan lama kelamaan cover headlamp akan menjadi buram.
2.    Suhu pada lampu utama terlalu panas
Bola lampu atau LED yang terpasang pada lampu utama akan menjadi semakin panas ketika digunakan terlalu lama, bola lampu atau LED tersebut akan menjadi panas ketika penggunaan voltase terlalu tinggi dan melebihi waktu pada umunya. Bila keadaan tersebut terlalu sering maka kemungkinan cover lampu utama menjadi buram tidak bisa dihindari. Untuk mengatasinya adalah dengan penggunaan bola lampu atau LED yang sesuai dan penggunaan lampu yang secukupnya.
3.    Terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama
Cahaya matahari memiliki suhu panas yang tinggi, terutama pada daerah tropis seperti negara Indonesia. Sama halnya ketika mobil dengan voltase yang tinggi, cahaya matahari juga dapat menyebabkan cover lampu utama menjadi buram bila dalam jangka waktu lama lampu utama dibiarkan terpapar oleh sinar matahari. Oleh karena itu mengapa alasan kita harus memarkirkan mobil kita ke tempat yang teduh. Karena paparan sinar matahari akan membuat cover lampu utama menjadi buram.
4.    Terkena air hujan dan tidak segera membilas dengan air bersih
Pada saat kita berkendara dengan mobil dijalan raya, tentunya kita pernah mengalami hal yang dinamakan kehujanan. Hujan yang terjadi terutama pada jalan raya tidak sepenuhnya murni hujan air, didalam air hujan tersebut juga mengandung pasir, debu, dan kotoran dari jalan. Semua bagian mobil termasuk lampu utama akan menjadi kotor dan ketika dibiarkan mengering makan akan menjadi kerak. Ketika air hujan yang terkena pada lampu utama lalu dibiarkan mengering dan tidak segera dibersihkan maka akan menjadi kerak, dan ketika telah menjadi kerak lalu dibersihkan lagi maka lampu utama tetap akan mendapatkan penurunan kualitas cahaya dan lama kelamaan juga cover lampu utama akan menjadi buram. Maka dari itu ketika mobil yang telah terkena air hujan langsung dibersihkan, setidaknya telah disiram dengan air bersih.
5.    Membiarkan debu halus menempel dalam jangka waktu yang lama
Sering kali kita melihat bangkai mobil, dalam bangkai mobil pasti memiliki cover lampu utama yang sangat kusam dan buram. Hal tersebut terjadi karena penumpukan debu dan kotoran. Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada mobil kita, oleh karena itu pembiaran terhadap mobil yang terus menerus akan membuat debu-debu sekitar menempel pada mobil dan terutama akan membuat cover lampu utama menjadi buram. Oleh karena itu, meskipun kita jarang memakai mobil tentunya jangan melupakan kebersihan mobil kita agar hal tersebut tidak terjadi.


Itulah 5 hal utama penyebab utama mengapa cover lampu utama menjadi buram. Sebaiknya anda perlu memperhatikan 5 hal utama tersebut karena kualitas lampu utama sangat berpengaruh pada tingkat keselamatan anda pada saat berkendara. Lebih baik mengutamakan keselamatan daripada berhemat tapi mengabaikan keselamatan.

0 comments:

Post a Comment